Macam-Macam Pasar Berdasarkan Fisik Pasar

Setelah mengetahui pengertian pasar, syarat-syarat terjadinya pasar, fungsi dan tugas pasar bagi kegiatan ekonomi dan macam-macam pasar berdasarkan waktu, maka pada kesempatan ini akan dijelaskan perihal macam-macam pasar berdasarkan fisik pasar.

Secara garis besar, pasar sanggup dikelompokkan menjadi enam macam, yaitu: pasar berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan, waktu bertemunya penjual dan pembeli, luas aktivitas distribusi, fisik pasar serta berdasarkan bentuk dan strukturnya. Berikut ini akan kita bahas macam-macam pasar tersebut.

Pasar Menurut Fisik Pasar

Pasar berdasarkan sifat atau jenis barang yang diperjualbelikan dibedakan menjadi dua macam, yaitu pasar konkrit dan pasar nyata.

a. Pasar Konkrit (Pasar Nyata)

Pasar konkrit (pasar nyata) yaitu daerah pertemuan antara penjual dan pembeli yang dilakukan secara langsung. Penjual dan pembeli bertemu untuk melaksanakan transaksi jual beli (tawar-menawar).

Barang-barang yang diperjualbelikan di pasar konkrit terdiri atas banyak sekali jenis barang yang ada di daerah tersebut.

Contoh pasar konkrit yaitu pasar tradisional, supermarket, dan swalayan. Namun ada juga pasar konkrit yang menjual satu jenis barang.

Misalnya pasar buah hanya menjual buahbuahan, pasar binatang hanya melayani jual beli hewan, pasar sayur hanya menjual sayur-mayur.
 maka pada kesempatan ini akan dijelaskan perihal macam Macam-macam Pasar Menurut Fisik Pasar
Gambar: Contoh Pasar Konkret

b . Pasar Abstrak (Pasar Tidak Nyata)

Pasar abstrak (pasar tidak nyata) yaitu pasar yang aktivitas jual beli barang atau jasa yang diperdagangkannya dilakukan berdasarkan contoh-contoh yang kualitasnya sudah ditentukan.

Barang yang dijualnya pun tidak tersedia di tempat. Transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli juga tidak harus bertemu secara langsung.

Mereka sanggup melakukannya melalui telepon, surat, internet, dan telegram. Contoh dan bentuk barang sanggup dilihat melalui brosur, internet, televisi, majalah, koran, tabloid, dan lain-lain.
Sumber https://www.berpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close