Upaya peningkatan  mutu pendidikan di SD sanggup dilaksanakan  melalui aneka macam cara. Salah satu di  antaranya  yaitu  melalui  lomba penemuan pembelajaran (Inobel)  bagi guru  SD. Pelaksanaan  lomba tersebut  merupakan  ajang  kompetisi  inovasi  pembelajaran bagi  guru  SD,  baik dalam hal pendekatan,  model,  metode, strategi,  dan  media  pembelajaran untuk   memecahkan  masalah  pembelajaran.  Suatu  inovasi  yang  sanggup membantu memecahkan permasalahan  pembelajaran  diperlukan sanggup meningkatkan  mutu    proses  dan  hasil belajar  siswa. Melalui  lomba  ini, karya-karya  inovasi  pembelajaran  yang  terpilih  sanggup dimanfaatkan menjadi tumpuan bagi guru SD dalam peningkatan mutu pembelajaran.  Berkenaan dengan hal di atas Direktorat  Jenderal  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan  (GTK),  Kementerian  Pendidikan  dan Kebudayaan (Kemdikbud)  kembali akan menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran  (INOBEL) Untuk  Guru SD  dan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2016
  Berikut Ini Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran  atau Inobel Guru SD (SD) Tahun 2016, yaitu sebagai berikut:
 
  Tujuan  diselenggarakannya  Lomba Inovasi  pembelajaran  bagi  Guru  SD  Tingkat  Nasional  Tahun  2016 yaitu sebagai berikut. 
  1.  Menghasilkan karya penemuan pembelajaran bagi guru SD; 
  2.  Menampilkan hasil karya penemuan pembelajarannya/ pelayanannya; 
  3.  Mendiseminasikan  hasil penemuan pembelajaran kepada teman sejawat;  
  4.  Memotivasi guru SD untuk melaksanakan inovasi  pembelajaran; 
  5.  Memotivasi guru dalam berkarier melalui karya penemuan pembelajaran; 
  6.  Memberikan  penghargaan  kepada  guru  SD  yang  berprestasi  melalui  kompetisi  penciptaan  penemuan pembelajaran yang sehat, objektif, terbuka, dinamis, dan akuntabel. 
  Sasaran acara Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016 yaitu guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang meliputi guru: 
  1.  Guru kelas yang melaksanakan penemuan di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam (MIPA)  
  2.  Guru kelas yang melaksanakan penemuan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa 
  3.  Guru Mata Pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya  dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
  Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016:   “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”  
  Adapun  isi  karya  lomba inovasi  pembelajaran  mengacu  pada  kurikulum  yang  berlaku  di  sekolah  terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.  
 |  | 
| PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016 | 
 Persyaratan Peserta 
  Peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tahun 2016: 
  a.  mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); 
  b.  melampirkan surat kiprah mengikuti lomba dari atasan langsung; 
  c.  melampirkan biodata (contoh terlampir); 
  d.  melampirkan surat keterangan sehat dari dokter; 
  e.  melampirkan  surat  pernyataan  belum  pernah  menjadi  juara 1,  2,  atau  3  Lomba  Inovasi Pembelajaran Guru SD tahun 2013 hingga 2015; dan 
  f.  melampirkan salinan ijazah terakhir minimal S1/D4. 
  Persyaratan Karya 
  Karya  inovasi  pembelajaran  yang  diikutkan  dalam  Lomba  Karya  Inovasi  Pembelajaran  Guru  SD 
  tingkat Nasional Tahun 2016:  
  a.  bersifat individual, 
  b.  orisinil hasil penemuan guru, 
  c.  sudah diimplementasi  dan dievaluasi dalam proses pembelajaran, 
  d.  belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional,  
  e.  disahkan oleh atasan pribadi dalam bentuk lembar pengesahan, 
  f.  jika  karya  inovasi  berupa  media/alat peraga  pembelajaran,  diutamakan  memanfaatkan  bahan/alat yang gampang didapat, ramah lingkungan, dan berbiaya rendah, 
  g.  gampang diaplikasi, didiseminasi, dan direplikasi,  
  h.  merupakan karya maksimal dua tahun terakhir, dan 
  i.  tidak  memuat  unsur  pornografi, serta tidak  bertentangan  dengan  unsur  Suku,  Agama,  Ras,  dan Antargolongan (SARA). 
  Catatan: butir b, c, dan d dibentuk dalam satu surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh akseptor dan atasan pribadi (lampiran 3). 
  Persyaratan Naskah 
  a.  Naskah  diketik  mengikuti  teknik dan  sistematika penulisan  yang  ditentukan  dalam Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016. 
  b.  Karya inovasi  pembelajaran yang  dikirim  berupa naskah  atau  dokumen  tertulis  dalam bentuk hardcopy  dan softcopy  dalam CD/DVD/flashdisk,  serta  melalui  pos-el  (e-mail)  dengan  alamat inobelsd2016@gmail.com
  Sistematika Penulisan Naskah 
  Penulisan  naskah  karya  yang  diikutkan  dalam Lomba  Inovasi  Pembelajaran  Bagi Guru  SD  Tingkat 
  Nasional Tahun 2016 harus memakai sistematika sebagai berikut.  
  SAMPUL NASKAH 
  HALAMAN JUDUL 
  SURAT PERNYATAAN 
  LEMBAR PENGESAHAN 
  KATA PENGANTAR 
  ABSTRAK 
  DAFTAR ISI 
  DAFTAR TABEL 
  DAFTAR GAMBAR/FOTO 
  DAFTAR LAMPIRAN 
  BAB I PENDAHULUAN 
  A. Latar Belakang 
  B. Rumusan Masalah 
  C. Tujuan 
  D. Manfaat 
  BAB II LANDASAN TEORI 
  Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran 
  BAB III  KARYA INOVASI PEMBELAJARAN 
  A. Ide Dasar 
  B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran 
  C. Proses Penemuan/Pembaharuan 
  D. Aplikasi Mudah dalam Pembelajaran 
  E.  Data Hasil Aplikasi Mudah Inovasi Pembelajaran 
  F.  Analisis Hasil Aplikasi Mudah Inovasi Pembelajaran 
  G. Diseminasi 
  BAB IV PENUTUP 
  A. Simpulan 
  B. Saran 
  DAFTAR PUSTAKA 
  LAMPIRAN
  Ruang  lingkup  acara Lomba Inovasi  Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun  2016 berisi  tentang  pengalaman  pembelajaran  terbaik  guru  SD  yang  merupakan  hasil  inovasi/hal-hal  baru/pembaharuan  dalam  model,  pendekatan,  strategi,  metode,    dan  media  pembelajaran  untuk meningkatkan mutu  proses  pembelajaran  dan hasil belajar  siswa. Hasil  inovasi  dituangkan  dalam bentuk naskah yang didokumentasikan dalam bentuk hardcopy dan softcopy (CD/DVD/flashdisc).  
  Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2016 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu: 
  1.  Guru kelas yang melaksanakan penemuan di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam (MIPA)  
  2.  Guru kelas yang melaksanakan penemuan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa  
  3.  Guru  Mata  Pelajaran  yang  melakukan  inovasi  di  bidang  Pendidikan  Jasmani  dan Kesehatan,  Seni  Budaya dan Keterampilan/Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
  Dokumen Inovasi Pembelajaran sanggup dikirim ke:
  Panitia Lomba Karya Inovasi Pembelajaran  
  Guru SD (SD)  
  Tingkat Nasional Tahun 2016 
  Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar 
  Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 
  Gedung D Lt. 15 
  Jalan Jenderal Sudirman Senayan  
  Jakarta Kode Pos 10270 
  Pos-el (E-mail): inobelsd2016@gmail.com
  Informasi Selengkapnya Download PEDOMAN  LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN ( INOBEL ) GURU SD TAHUN 2016 (Klik Disini)
  loading...
 Buat lebih berguna, kongsi:

