Bentuk Bentuk Bakteri, Gambarnya Dan Teladan Penjelasannya

Bakteri ialah makhluk hidup mikroskopis yang mempunyai ukuran sangat kecil dan tidak sanggup terlihat dengan mata telanjang. Namun, dengan memanfaatkan mikroskop ringan atau mikroskop yang dilengkapi lensa mikroskop okular yang obyektif, kita sanggup melihat bentuk basil dan mengetahui ukurannya dengan tepat. Nah, dalam artikel ini, akan membahas perihal bentuk basil ini lengkap dengan pengelompokan dan contohnya. Pahami artikel ini untuk memudahkan Anda mengikuti pelajaran yang lebih dalam seputar bakteriologi (bakteriologi) di sekolah.

Bentuk Bentuk Bakteri
Ukuran basil umumnya dinyatakan dalam satuan mikron, di mana 1 mikron sama dengan 0,001 mm atau 1 mm dibagi dengan 1000. Unit ini sengaja dipakai untuk memudahkan pengucapan ukuran basil yang sangat kecil.

Secara umum, basil mempunyai panjang antara 0,5 hingga 3 mikron dan lebar antara 0,1 hingga 0,2 mikron. Ukurannya bervariasi tergantung pada bentuk basil yang diukur.

Bakteri menurut bentuk dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu basil berupa batang atau silinder (basil), bentuk bulat (kokus), dan spiral (spirillum). Perbedaan bentuk basil dan koloni, umumnya dipengaruhi oleh beberapa hal, mirip umur, arah pembelahan, dan faktor pertumbuhan (makanan, suhu, dan inhibitor). Nah, ketiga bentuk basil ini sanggup diilustrasikan mirip pada gambar di bawah ini.
 Bakteri ialah makhluk hidup mikroskopis yang mempunyai ukuran sangat kecil dan tidak sanggup Bentuk Bentuk Bakteri, Gambarnya dan Contoh Penjelasannya

Bentuk Bentuk Bakteri

1. Bakteri Berbentuk Bakteri (bacillus)

  • Bakteri batang atau silinder (bacilli) sanggup ditemukan dalam keadaan tunggal (bacillus), berpasangan (diplobasil), atau koloni yang membentuk rantai (streptobacils).
  • Bakteri basil (tunggal) mirip namanya, sering ditemukan dalam isolasi. Contoh basil ini mirip Salmonella typhi dan Escherichia coli.
  • Bakteri diplobasil (paired) ialah basil yang sering ditemukan berpasangan alias. Contoh basil ini mirip Renibacterium salmoninarum.
  • Bakteri streptobacyl (rantai) ialah koloni basil yang digabungkan bersama untuk membentuk rantai. Contoh basil ini termasuk Azotobacter sp dan Streptobacillus moniliformis.


2. Spherical Bacteria (Fokus)
Sama mirip bentuk batangnya, basil berbentuk bulat (kokus) juga sanggup ditemukan dalam keadaan tunggal, berpasangan, membentuk rantai, atau membentuk gumpalan mirip buah anggur. Berikut ialah bentuk basil bulat, baik dalam keadaan tunggal maupun terjajah dan contohnya.
  • Monokokus ialah basil spherical tunggal. Contoh basil ini ialah Monococcus gonorrhoeae.
  • Diplococci ialah basil lingkaran dan berpasangan. Contoh basil ini ialah Diplococcus pneumoniae.
  • Streptococcus ialah basil berbentuk bulat yang digabungkan untuk membentuk rantai. Bentuk rantai itu sendiri ialah hasil reproduksi yang terbagi dalam satu garis menjadi satu atau dua arah. Contoh basil ini ialah Streptococcus lactis, Streptococcus salivarius, dan Streptococcus pneumoniae.
  • Tetrakokus ialah basil berbentuk bulat yang terdiri dari 4 sel dengan susunan ibarat bentuk persegi yang dihasilkan dari pembelahan sel di kedua arah.
  • Sarkina ialah basil berbentuk bulat yang terdiri dari 8 sel dengan susunan ibarat bentuk persegi akhir pembelahan sel menjadi tiga arah. Contoh basil ini ialah Sarcina sp.
  • Staphylococcus ialah koloni basil bulat yang disusun ibarat kelompok buah anggur yang dihasilkan dari pembelahan sel ke segala arah. Contoh basil ini ialah Staphylococcus aureus.


c. Bakteri Bentuk spirral (spirillium)
Bakteri berbentuk spiral sanggup dibagi menjadi 3 macam, yaitu

  1. Coma (vibrio) ialah basil semi melingkar atau kurang melengkung. Contoh basil dengan bentuk ini ialah Vibrio koma alias basil yang menjadikan penyakit kolera.
  2. Spiral ialah basil yang bentuknya melengkung lebih dari setengah lingkaran. Contoh basil dalam bentuk ini ialah Minor Sprillum atau basil yang menjadikan demam pada insan yang menciptakan tikus dan gigitan binatang pengerat lainnya sebagai medium (intermediate).
  3. Spiroseta ialah bentuk spiral basil dengan tekstur halus dan lentur. Contoh basil dengan bentuk ini ialah Treponema pallidum alias basil yang menjadikan penyakit sifilis.


Nah, jadi paparan bentuk basil dan ukurannya lengkap bersamaan dengan gambarnya. Semoga dengan memahami jenis basil menurut bentuk ini, Anda akan lebih gampang memahami penggalan basil (eucbacteria) dalam pelajaran Biologi di sekolah. Semoga bermanfaat

Sumber https://www.isplbwiki.net
Buat lebih berguna, kongsi:
close