Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri Tetangga Silang Bastar Dan Contohnya

Karakteristik Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri - Berdasarkan asal serbuk sari, proses penyerbukan pada flora sanggup dibagi menjadi 4 jenis, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar.

  1. Penyerbukan itu sendiri adalah penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri.
  2. Penyerbukan tetangga yaitu penyerbukan bahwa serbuk sari berasal dari bunga lain tetapi pada pohon yang sama.
  3. Penyerbukan silang yaitu penyerbukan serbuk sari yang berasal dari bunga tumbling lainnya.
  4. Penyerbukan Bastar adalah penyerbukan serbuk sari yang berasal dari bunga flora lain dari banyak sekali jenis.


Nah, pada artikel ini kita akan membahas perihal karakteristik penyerbukan sendiri dan tiga jenis penyerbukan lainnya.

 Karakteristik Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri  Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri Tetangga Silang Bastar dan Contohnya


Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri
Ada beberapa karakteristik karakteristik penyerbukan sendiri yang membedakan jenis penyerbukan ini dengan jenis lainnya. Inilah ciri-ciri ini.

Karakteristik Penyerbukan Sendiri

1. Jatuhnya serbuk sari di stigma kepala bunga itu sendiri
Sesuai dengan maknanya, karakteristik penyerbukan itu sendiri ditandai dengan jatuhnya serbuk sari dari bunga itu sendiri. Penyerbukan sanggup terjadi dengan sumbangan angin (anemogami), insan (anthropogami), dengan sumbangan binatang (zoidiogami), atau dengan sumbangan air (hydrogami).

2. Terjadi hanya pada bunga hermaprodit
Karena pistil dibuahi oleh serbuk sari yang berasal dari bunga itu sendiri, penyerbukan sendiri tentu saja hanya terjadi pada flora dengan bunga hermaprodit. Bunga hermaprodit yaitu bunga yang mempunyai 2 alat kelamin penuh, jantan dan betina dalam satu bunga duduk. Contoh bunga hermaprodit menyerupai bunga kembang sepatu, bunga padi, bunga flora buah naga dan lain sebagainya.

3. Tidak menghasilkan variasi keturunan
Ciri karakteristik terakhir dari penyerbukan yaitu bahwa hasil penyerbukan tidak menghasilkan variasi keturunan. Jenis kelamin pria dan wanita berasal dari satu flora saja, oleh alasannya yaitu itu tidak ada warisan dari sifat-sifat yang berbeda menyerupai penyerbukan silang atau penyerbukan bastar.

Nah, itulah beberapa karakteristik karakteristik penyerbukan sendiri yang sanggup kita sampaikan. Mudah-mudahan sanggup dimengerti dengan mudah. Dan jangan lupa baca artikel selanjutnya lebih lengkap perihal jenis penyerbukan dan gambarnya. Salam.

Sumber https://www.isplbwiki.net
Buat lebih berguna, kongsi:
close