Mengenal Jenis-Jenis Akar Pada Tumbuhan ( Serabut Dan Tunggang )

Tanaman /tumbuhan yang berbeda, aneka macam jenis akar dan serabut. Namun, fungsi akar tumbuhan tidak sanggup diganti dengan organ badan lainnya. Akar macam apa yang sanggup ditemukan pada tanaman? Mari kita simak diskusi yang telah eBiologi.com berikut ini!

Akar ialah bab tumbuhan yang berada di bab paling bawah tumbuhan dan tumbuh ke arah inti bumi. Akar mempunyai beberapa sifat, diantaranya:

  1. Biasanya tumbuh di tanah dan pertumbuhannya mengarah ke inti bumi (geotrope) atau menuju air (hidrotes), jauh dari udara dan cahaya;
  2. Umumnya tidak berkuku dan beruas;
  3. Putih atau kekuningan;
  4. Tepi tumbuh terus menerus, namun pertumbuhannya lebih lambat dari pada puncak tanaman;
  5. Ujung akar berbentuk lancip berkhasiat untuk partikel tanah yang gampang tembus.


Jenis-jenis Akar
Bentuk rooting pada tumbuhan menjadi salah satu faktor pembeda dalam mengklasifikasikan tumbuhan tingkat tinggi. Saat benih berkecambah, akar (radikula) berubah menjadi akar institusi. Berdasarkan sistem akar ini, akar terbagi menjadi dua jenis, yaitu akar tunggang dan akar serat.

1. Akar serabut
Akar fibrosa berbentuk menyerupai serat kelapa, kecil, dan panjang. Umumnya monokotil mempunyai akar serat. Tapi akar tumbuhan yang disebarkan sayuran juga berserat. Akar serat terbentuk dari akar institusi mati dan tumbuh akar gres yang mempunyai ukuran relatif sama dan keluar dari pangkal batang. Sedangkan untuk bentuknya, jenis akar serat sanggup dibedakan menjadi akar benang (misalnya nasi), akar tambang (misal kelapa), dan akar serat besar (misalnya pandan).

 fungsi akar tumbuhan tidak sanggup diganti dengan organ badan lainnya Mengenal Jenis-Jenis Akar Pada Tumbuhan ( Serabut Dan Tunggang )
Gambar bentuk akar tunggang dan akar serabut


2. Akar tunggang
Akar tunggang umumnya dimiliki oleh tumbuhan dikotil generatif yang disebarkan dengan biji. Tanaman dikotil akar mempunyai akar utama yang menembus pribadi ke lapisan tanah dan bercabang pada sisinya.

Tanaman dengan akar akar tumbuk mempertahankan akarnya sehingga berubah menjadi akar primer yang disebut akar taprous (radix primaria) yang mempunyai cabang.

Berdasarkan jumlah percabangan, jenis jenis akar menunggang sanggup dibagi menjadi dua jenis: akarnya tidak tunggang atau sedikit bercabang dan bercabang.

a. Tidak atau sedikit bercabang

Jenis tumbuhan ini mempunyai akar tanpa bercabang atau hanya sedikit bercabang. Jenis akar tunggang ini mempunyai bentuk khas, bentuk tombak atau pena (fusiform) menyerupai pada wortel dan lobak, bentuk gasing menyerupai pada bengkuang, begitu pula bentuk benang menyerupai pada akar tumbuhan kratok.

b. Bercabang (ramosus)

Jenis akar tunggang ini mempunyai banyak cabang dan setiap cabang mempunyai cabang yang lebih panjang sehingga mempunyai zona akar yang lebih luas. Misalnya di pohon buah.

Jenis Jenis Akar Berdasarkan Fungsi
Fungsi utama akar ialah sebagai organ penyerap nutrisi air dan mineral. Namun, ada fungsi lain dari akar tanaman. Menurut fungsinya, akarnya dibagi menjadi:

1. Akar gantung atau akar udara (radix aereus)

Akar gantung di atas permukaan tanah, melekat pada tangkai, tumbuh menjuntai ke tanah. Fungsi akar gantung ini ialah sebagai penyerap organ uap air dan gas, namun ketika mencapai tanah dan masuk ke tanah, ia bertindak sebagai akar pada umumnya. Contoh tumbuhan yang mempunyai akar gantung ini ialah pohon beringin dan tumbuhan anggrek. [Baca: Struktur Anatomi Akar]

2. Akar pembelit (cirrhus radicalis)
Akar ini memutar batang tanaman. Contohnya sanggup ditemukan di tumbuhan vanili.

3. Akar nafas (pneutophora)
Akar nafas ialah bab dari akar yang tumbuh dari batang bawah, sebagian menyembul keluar dan sebagian tumbuh di tanah. Bagian akar yang muncul ialah kawasan di mana udara masuk melalui celah-celah permukaan akar. Contoh tumbuhan yang mempunyai akar nafas ini ialah bakau dan pandan.

 fungsi akar tumbuhan tidak sanggup diganti dengan organ badan lainnya Mengenal Jenis-Jenis Akar Pada Tumbuhan ( Serabut Dan Tunggang )
Gambar a) akar nafas; b) akar gantung; c) akar tunjang

4. Akar pelekat akar (radix adligans)
Akar ini tumbuh, melekat dan memanjat di batang. Contoh tanamannya ialah sirih.

5. Akar penghisap (haustorium)
Akar ini mempunyai fungsi sebagai penyerap air, nutrisi mineral, dan makanan dari batang pohon kawasan ia duduk. Tanaman dengan akar ini hidup sebagai parasit, contohnya menyerupai pada akar parasit.

6. Akar tunjang
Akar ini tumbuh ke segala arah, berbentuk menyerupai serat. Jenis akar ini dimiliki oleh tumbuhan pandan.

7. Akar lutut
Beberapa akar ini tumbuh di tanah kemudian disematkan di tanah, karam menyerupai bentuk gelombang yang berfungsi sebagai respirator. Contohnya ialah pohon

8. Akar banir
Bagian akar ini tumbuh tinggi di atas tanah, berbentuk menyerupai papan datar. Contoh tumbuhan deng

Sumber https://www.isplbwiki.net
Buat lebih berguna, kongsi:
close