![]() |
Gambar bertelepon |
1. Pengertian Etika Bertelepon
Etiket bertelepon ialah tata krama, sopan-santun, tata pergaulan dalam bertelepon (menerima-melakukan kontak telepon) yang mencakup berbicara dengan jelas, tegas, terkesan ramah, hangat dan bersahabat.
2. Hal-hal penting moral bertelepon adalah
- Jangan biarkan telepon berdering 2-3 kali segeralah angkat. :D
- Dengarkan kawan bicara dan berkonsentrasi dengan pihak penelepon (tidak melamun).
- Berkatalah dengan sopan dan hangat, hindari kata-kata yang sanggup meyinggungi perasaan penelpon.
- Berikan respon secara sempurna dan lugas.
- Berbicara sepelunya dengan volume bunyi cukup jelas, tegas, lancar serta hangat dan bersahabat.
- Siapkan perlengkapan seperlunya ketika akan menelepon, menyerupai nomor telepon yang dituju, buku catatan, dan pensil.
3. Langkah-langkah dan teknik mendapatkan telepon.
- Segeralah angkat kalau telepon berdering.
- Ucapkanlah salam begitu anda mengangkat telepon.
- Bila penelepon menanyakan orang lain, tanyakan nama dan identitas orang yang dicari.
- Bila orang yang dituju tidak ada ditempat maka beritahukan dengan sopan dan tawarkan pada penelepon untuk meninggalkan pesan.
- Setelah menuntaskan pembicaraan dengan penelepon sebaiknya mengucapkan salam, dan jangan meletakkan gagang telepon mendahului penelepon, tunggu hingga gagang telepon diletakkan atau telepon ditutup selama dua atau tiga detik olah penelepon. Karena sanggup terdengar bunyi menutup telepon apalagi kalau kasar.
4. Langkah-langkah dan teknik menelepon
- Siapkan nomor telepon yang akan dihubungi
- Tekan nomor telepon yang dituju dan bila sudah tersambung dan pihak yang dituju sudah menggangkat, ucapkanlah salam. Sebelum mengutarakan maksud dan tujuan pastikan bahwa nomor yang dituju benar.
- Sebutkan identitas diri anda dengan terperinci kemudian kemukakan impian anda untuk berbicara dengan orang yang dituju.
- Berikanlah selalu kesan ramah dan ucapkan salam epilog untuk mengakhiri pembicaraan.
5. Cara memakai telepon yang baik
- Pegang gagang telepon dengan baik memakai tangan kanan, tempelkan telepon dekat indera pendengaran dengan benar, sebaiknya mikrophone jangan terlalu dekat dengan mulut.
- Usahakan nafas kita ketika bicara ditelepon tidak terdengar menyerupai mendengus.
- Ucapkan salam.
- Tanyakan identitas penelepon.
- Gunakan “Smiling Voice” dan “Pitch Control” selama pembicaraan berlangsung.
- Simak baik-baik pesan dan kalimat penelepon.
- Apabila anda tidak mengerti, tidak ada salahnya anda mengulangi pertanyaan.
- Akhiri pembicaraan dengan salam.
- Letakkan gagang telepon dengan benar dan pas pada posisinya.
6. Hal-hal yang dihentikan dilakukan pada ketika komunikasi menggunakan telepon
- Suara terlalu keras.
- Bicara ditelepon sambil makan atau berdecak.
- Berbicara dengan orang lain selagi berbicara ditelepon.
- Berbicara dengan nada garang atau membentak.
- Berbicara dengan nada memerintah.
- Membirkan penelepon menunggu terlalu usang tanpa penjelasan.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.
Demikianlah semoga saya sendiri sanggup memakai telepon dengan baik dan benar. :D
Buat lebih berguna, kongsi: