Macam-Macam Pasar Berdasarkan Luasnya Acara Distribusi

Setelah mengetahui pengertian pasar, syarat-syarat terjadinya pasar, fungsi dan tugas pasar bagi kegiatan ekonomi, maka pada kesempatan ini akan dijelaskan perihal macam-macam pasar berdasarkan luasnya aktivitas distribusi.

Secara garis besar, pasar sanggup dikelompokkan menjadi enam macam, yaitu: pasar berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan, waktu bertemunya penjual dan pembeli, luas aktivitas distribusi, fisik pasar serta berdasarkan bentuk dan strukturnya.

Berikut ini akan kita bahas macam-macam pasar tersebut.

Pasar Menurut Luasnya Kegiatan Distribusi

Pembagian pasar berdasarkan luasnya aktivitas distribusi disebabkan beberapa hal yaitu sifat barang, kelancaran transportasi dan jumlah serta penyebaran konsumen yang membutuhkan barangbarang.

Pasar berdasarkan luasnya aktivitas distribusi dibedakan menjadi empat macam, yaitu pasar setempat, pasar daerah, pasar nasional, dan pasar internasional.

a. Pasar Setempat (Tradisional)

Pasar setempat adalah aktivitas pertemuan antara penjual dan pembeli yang hanya mencakup tempat tertentu. Barang-barang yang diperjualbelikan di pasar tersebut berupa barang-barang konsumsi atau barang-barang keperluan seharihari.

Pasar setempat disebut juga pasar lokal atau pasar tradisional. Contoh: pasar sayur-mayur di Tawangmangu, pasar ikan di tempat pelelangan ikan, dan pasar buah di Malang.

b . Pasar Daerah

Pasar daerah yakni aktivitas pertemuan antara penjual dan pembeli yang mencakup wilayah tertentu, contohnya wilayah kabupaten atau provinsi.

Pedagang-pedagang yang ada di pasar kawasan biasanya para pedagang besar yang melayani pedagang-pedagang eceran.

Barang yang diperdagangkan sebagian besar yakni barang konsumsi dari hasil industri menyerupai perlengkapan mandi, alat-alat dapur, pakaian, dan kebutuhan perlengkapan sekolah.

Contoh: Pasar Johar (Semarang), Pasar Kliwon (Kudus), Pasar Baru (Jakarta), Pasar Klewer (Solo).
 maka pada kesempatan ini akan dijelaskan perihal macam Macam-macam Pasar Menurut Luasnya Kegiatan Distribusi
Gambar: Contoh Pasar Daerah

c . Pasar Nasional

Pasar nasional adalah aktivitas pertemuan antara penjual dan pembeli yang mencakup wilayah suatu negara.

Barang-barang yang dikonsumsi masyarakat seluruh negara menyerupai barang konsumsi, barang produksi, surat berharga, saham, valuta asing, dan modal. Contoh: pasar modal, pasar valas, dan pasar materi mentah.

d . Pasar Internasional

Pasar internasional yakni aktivitas pertemuan antara penjual dan pembeli dari banyak sekali negara di seluruh dunia. Barang-barang yang diperdagangkan di pasar tersebut berupa komoditi yang diminati konsumen internasional.

Contoh: pasar karet di New York, pasar tembakau di Bremen, pasar intan di Amsterdam, pasar minyak bumi di Uni Emirat Arab, dan pasar kopi di Sao Paulo.


Sumber https://www.berpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close