Pengertian Pasar Monopoli, Ciri-Ciri Dan Contohnya

Pasar monopoli merupakan salah satu bentuk dari pasar persaingan tidak sempurna, pada pembahasan ini akan dijelaskan secara detail perihal pengertian pasar monopoli, ciri-ciri pasar monopoli dan pola dari pasar monopoli serta kelebihan atau kekurangan dari pasar monopoli.

Pengertian pasar monopoli

Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.

Pasar monopoli berasal dari bahasa yunani monos: satu dan polist: penjual.

Pasar monopoli yaitu suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang sanggup menguasai seluruh penawaran, sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya atau terdapat pure monopoly (monopoli murni).

Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak memiliki barang pengganti yang sangat dekat.

Ciri-ciri pasar monopoli

Pada pasar monopoli terdapat ciri-ciri berikut ini.
1. Hanya ada satu penjual sebagai pengambil keputusan harga (melakukan monopoli pasar).
2. Penjual lain tidak ada yang bisa menyaingi dagangannya.
3. Pedagang lain tidak sanggup masuk alasannya ada kendala dengan undang-undang atau alasannya teknik yang canggih.
4. Jenis barang yang diperjualbelikan hanya semacam.
5. Tidak adanya campur tangan pemerintah dalam penentuan harga,
6. Pasar monopoli yaitu industry satu perusahaan
7. Tidak memiliki barang pengganti yang mirip
8. Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industry
9. Dapat menghipnotis penentuan harga secara mutlak
10. Promosi iklan kurang diperlukan
Pasar monopoli merupakan salah satu bentuk dari  Pengertian Pasar Monopoli, Ciri-ciri dan Contohnya
Gambar: Contoh pasar monopoli

Contoh pasar monopoli

Berikut ini merupakan pola dari bentuk pasar monopoli yaitu; PT Pertamina (persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Kereta Api (persero).

Faktor-Faktor Yang Menimbulkan Pasar Monopoli:

1. Perusahaan monopoli memiliki suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain

2. Perusahaan monopoli pada umunya sanggup menikmati skala ekonomi (economies of scale) sampai ke tingkat produksi yang sangat tinggi.

3. Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusaan tersebut.

Macam-Macam Monopoli 

1.  Monopoli by law
Monopoli oleh Negara untuk cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.

2.  Monopoli by nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alami alasannya didukung iklim dan lingkungan tertentu.

Kelebihan Dan Kelemahan Pasar Monopoli 


Kelebihan pasar monopoli antara lain sebagai berikut.

1.        Mendorong untuk adanya penemuan gres semoga tetap terjaga monopolinya.

2.        Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.

3.         Mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan produk

4.         Dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh alasannya kemampuan efisiensi

5.         Praktis mengontrol kepentingan orang banyak kalau monopoli dilakukan Negara

6.         Dapat meningkatkan inovasi(penemuan baru)bila monopoli terbentuk alasannya sumbangan hak cipta dan hak paten

Kelemahan pasar monopoli sebagai berikut.

1.         Timbul ketidakadilan alasannya laba banyak dinikmati oleh produsen.

2.         Tidak efisiensinya biaya produksi, alasannya perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.

3.         Konsumen merasa berat alasannya harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.

4.         Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi
Sumber https://www.berpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close