Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Kebutuhan Manusia

Perlu diketahui bahwa kebutuhan setiap orang berbeda-beda, kebutuhan orang Sulawesi berbeda dengan kebutuhan orang Jawa, kebutuhan orang yang hidup di pantai berbeda dengan kebutuhan orang yang hidup di tempat pegunungan dan kebutuhan orang desa berbeda dengan kebutuhan orang yang hidup di kota dan lain-lain.

Mengapa kebutuhan manusia berbeda-beda?

Kemakmuran yakni suatu keadaan di mana sebagian besar kebutuhan seseorang baik jasmani dan rohani sanggup terpenuhi.

Kelangkaan berkaitan dengan kebutuhan. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan dan harus dipenuhi oleh insan supaya hidup layak.

Kebutuhan insan terhadap benda atau jasa sanggup memperlihatkan kepuasaan kepada insan itu sendiri, baik kepuasaan jasmani maupun kepuasaan rohani.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan setiap orang berbeda Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
Gambar: Kebutuhan orang kubut berbeda dengan orang tropis

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia

Keberadaan insan dalam hidup bermasyarakat menciptakan insan satu dengan yang lain berbeda dalam memenuhi kebutuhannya. Mengapa kebutuhan insan berbeda-beda?

Kebutuhan insan berbeda-beda sebab dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini.

a. Keadaan Alam (Tempat)

Keadaan alam mengakibatkan perbedaan dalam memenuhi kebutuhan manusia. Orang yang tinggal di tempat kutub, membutuhkan pakaian yang tebal untuk menahan hawa dingin. Lain halnya dengan kita yang tinggal di tempat tropis, cukup menggunakan pakaian yang tipis.

Oleh sebab itu, tampak di sini bahwa keadaan alam sanggup mendorong insan untuk menginginkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan.

b . Agama dan Kepercayaan

Ajaran agama yang berbeda sanggup mengakibatkan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya, penganut agama Islam dihentikan makan babi, sedangkan penganut agama Hindu dihentikan makan sapi.

Hal ini memperlihatkan bahwa masing-masing agama memerlukan alat-alat pemenuhan kebutuhan tertentu yang harus digunakan dalam menjalankan ibadah.

Selain itu dalam hal perayaan keagamaan, masing-masing agama atau keyakinan berbeda-beda, sehingga kebutuhan akan barang juga berbeda. Misalnya pada dikala menjelang hari raya Idul Fitri, kebutuhan akan pakaian muslim akan meningkat tajam.

Berbeda halnya ketika hari raya Natal tiba, orang-orang Kristen membutuhkan pohon Natal dan bingkisan-bingkisan Natal. Dengan demikian masing-masing agama atau keyakinan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

c . Adat Istiadat

Adat atau tradisi yang berlaku di masyarakat sangat memengaruhi kebutuhan hidup masyarakat. Alasannya, suatu adat atau tradisi akan memengaruhi baik sikap maupun tujuan hidup kelompok masyarakat setempat.

Akibatnya tradisi yang berbeda akan menimbulkan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya upacara perkawinan. Pelaksanaan upacara antardaerah akan berbeda-beda.

Upacara ijab kabul di Jawa Tengah dengan di Sumatra Barat akan mempunyai ritual yang berbeda, sehingga kebutuhannya pun akan berbeda pula.

d . Tingkat Peradaban

Makin tinggi peradaban suatu masyarakat makin banyak kebutuhan dan makin tinggi pula kualitas atau mutu barang yang dibutuhkan.

Pada zaman purba, kebutuhan insan masih sedikit. Namun seiring berkembangnya peradaban, kebutuhan insan semakin banyak.

Manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya supaya mencapai kemakmuran. Dahulu insan tidak membutuhkan sepeda motor, namun kini sepeda motor menjadi kebutuhan yang sangat penting, sebab sanggup mengefisienkan waktu hingga tempat tujuan.

Selain itu cita rasa kebutuhan insan modern juga semakin meningkat. Manusia menuntut kualitas tinggi dari barang-barang atau jasa yang dibutuhkan.

Dengan demikian pertanda bahwa perkembangan peradaban akan mengakibatkan kebutuhan akan berkembang dan beragam.
Sumber https://www.berpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close