Pada pembahasan sebelumnya tentang macam-macam undangan menurut daya belinya. Berdasarkan daya belinya, undangan dibagi menjadi tiga macam, yaitu undangan efektif, undangan potensial, dan undangan absolut.
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal macam-macam undangan menurut jumlah subjek pendukungnya.
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal macam-macam undangan menurut jumlah subjek pendukungnya.
Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya
Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, undangan terdiri atas undangan individu dan undangan kolektif.1 ) Permintaan individu
Permintaan individu ialah undangan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh bentuk undangan individu menyerupai pada Tabel di bawah ini mengenai daftar undangan jeruk Desi. Harga Jeruk (Rp/Kg) | Permintaan Individu | Permintaan Pasar | |||
Desi | Ika | Titik | Dan seterusnya | ||
4.500 4.700 5.000 5.200 5.500 5.700 6.000 | 140 120 100 80 60 40 20 | 125 110 95 80 65 40 30 | 100 90 80 70 60 50 40 | ...................... ...................... ...................... ...................... ...................... ...................... ...................... | 600 500 400 300 250 200 150 |
2 ) Permintaan kolektif
Permintaan kolektif atau undangan pasar ialah kumpulan dari permintaan-permintaan perorangan/individu atau undangan secara keseluruhan para konsumen di pasar.Pasar |
Contohnya, selain Desi, di pasar juga ada beberapa pembeli lainnya yang akan membeli jeruk. Jika undangan Desi dan teman-temannya tersebut digabungkan maka terbentuk undangan pasar. Bentuk undangan kolektif sanggup dilihat pada Tabel di atas.
Sumber https://www.berpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi: