Macam-Macam Permintaan: Undangan Individu Dan Kolektif

Pada pembahasan sebelumnya tentang macam-macam undangan menurut daya belinya. Berdasarkan daya belinya, undangan dibagi menjadi tiga macam, yaitu undangan efektif, undangan potensial, dan undangan absolut.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal macam-macam undangan menurut jumlah subjek pendukungnya.

Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya

Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, undangan terdiri atas undangan individu dan undangan kolektif.

1 ) Permintaan individu

Permintaan individu ialah undangan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh bentuk undangan individu menyerupai pada Tabel di bawah ini mengenai daftar undangan jeruk Desi.
Harga Jeruk (Rp/Kg)
Permintaan Individu
Permintaan Pasar
Desi
Ika
Titik
Dan seterusnya
4.500
4.700
5.000
5.200
5.500
5.700
6.000
140
120
100
80
60
40
20
125
110
95
80
65
40
30
100
90
80
70
60
50
40
......................
......................
......................
......................
......................
......................
......................
600
500
400
300
250
200
150

2 ) Permintaan kolektif

Permintaan kolektif atau undangan pasar ialah kumpulan dari permintaan-permintaan perorangan/individu atau undangan secara keseluruhan para konsumen di pasar.
macam undangan menurut daya belinya Macam-macam Permintaan: Permintaan Individu dan Kolektif
Pasar

Contohnya, selain Desi, di pasar juga ada beberapa pembeli lainnya yang akan membeli jeruk. Jika undangan Desi dan teman-temannya tersebut digabungkan maka terbentuk undangan pasar. Bentuk undangan kolektif sanggup dilihat pada Tabel di atas.
Sumber https://www.berpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini:

close