Pada pembahasan sebelumnya tentang macam-macam undangan menurut daya belinya. Berdasarkan daya belinya, undangan dibagi menjadi tiga macam, yaitu undangan efektif, undangan potensial, dan undangan absolut.
 
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal macam-macam undangan menurut jumlah subjek pendukungnya.
 
 
 
 
 
    
 
 
  
 
Contohnya, selain Desi, di pasar juga ada beberapa pembeli lainnya yang akan membeli jeruk. Jika undangan Desi dan teman-temannya tersebut digabungkan maka terbentuk undangan pasar. Bentuk undangan kolektif sanggup dilihat pada Tabel di atas. Sumber https://www.berpendidikan.com
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan perihal macam-macam undangan menurut jumlah subjek pendukungnya.
Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya
Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, undangan terdiri atas undangan individu dan undangan kolektif.1 ) Permintaan individu
Permintaan individu ialah undangan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh bentuk undangan individu menyerupai pada Tabel di bawah ini mengenai daftar undangan jeruk Desi.|  Harga Jeruk (Rp/Kg) |  Permintaan Individu |  Permintaan Pasar | |||
|  Desi |  Ika |  Titik |  Dan seterusnya | ||
|  4.500  4.700  5.000  5.200  5.500  5.700  6.000 |  140  120  100  80  60  40  20 |  125  110  95  80  65  40  30 |  100  90  80  70  60  50  40 |  ......................  ......................  ......................  ......................  ......................  ......................  ...................... |  600  500  400  300  250  200  150 | 
2 ) Permintaan kolektif
Permintaan kolektif atau undangan pasar ialah kumpulan dari permintaan-permintaan perorangan/individu atau undangan secara keseluruhan para konsumen di pasar.| Pasar | 
Contohnya, selain Desi, di pasar juga ada beberapa pembeli lainnya yang akan membeli jeruk. Jika undangan Desi dan teman-temannya tersebut digabungkan maka terbentuk undangan pasar. Bentuk undangan kolektif sanggup dilihat pada Tabel di atas. Sumber https://www.berpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
