Teks Deskriptif (Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal Teks / Paragraf Deskriptif (Deskripsi) dalam Bahasa Indonesia mencakup Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh Teks Deskriptif.

1. Pengertian Teks Deskriptif

Teks deskriptif / paragraph deskriptif adalah sebuah teks atau paragraph yang berisi perihal suatu citra atau lukisan dari sebuah benda yang sedang diceritakan dalam bentuk tulisan. Paragraph itu sendiri merupakan kumpulan dari beberapa rangkaian kalimat. Kaprikornus paragraph deskriptif merupakan sebuah rangkaian kalimat yang menceritakan perihal sifat dari benda yang sedang diceritakan, paragraph tersebut sanggup menggambarkan dari benda tersebut sehingga mambuat pembacanya seolah olah melihat secara pribadi benda yang diceritakan tersebut.

2. Ciri-ciri  Teks Deskriptif

Ciri-ciri teks deskriptif ialah sebagai berikut :
  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  • Penggambaran tersebut dituangkan dalam sebuah paragraph yang dilakukan secara terperinci dan melibatkan kesan pada sebuah indera 
  • Gambaran tersebut membawa pembaca menjadi seolah olah sanggup melihat secara pribadi perihal obyek yang digambarkan atau diceritakan tersebut 
  • Menceritakan ciri ciri khususnya ciri fisik menyerupai bentuk, ukuran, warna dan lain lain.

3. Tujuan Teks Deskriptif

Tujuan dari teks deskriptif adalah agar orang yang membacanya sanggup seolah olah melihat sendiri benda yang diceritakan tersebut. Dalam paragraph deskriptif itu sendiri menggunakan pola yang subjektif namun hal ini kalau si penulis paragraph tersebut menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut.  

4. Contoh Teks Deskriptif 

Contoh  Teks Deskriptif  1

HARIMAU 

Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu ialah binatang pemangsa dan pemakan daging. Harimau sanggup mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya berpengaruh dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang berpengaruh untuk menerkam mangsanya. Harimau gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau sanggup hidup di hutan, padang rumput, dan tempat payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau sanggup ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

Berdasarkan teks “HARIMAU” di atas, kalimat deskripsinya ialah sebagai berikut :
(a) Harimau sanggup mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
(b) Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna
hitam.
(c) Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang berpengaruh untuk menerkam mangsanya.

Contoh  Teks Deskriptif  2

Sungai Serayu

Sungai Serayu ialah sungai yang higienis dan juga alami. Lebar dari sungai serayu sanggup lebih dari 10 meter, sungai ini sangat luas dan juga panjang. Sungai serayu mempunyai air yang higienis dan juga sangat segar. Sungai yang satu ini merupakan sungai yang sangat higienis dan juga indah, alasannya ialah di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah dan di pinggir pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yang ditumpuk secara rata dan rapi. Bebatuan bebatuan tersebut sering dipakai sebagai tempat duduk untuk orang orang yang sedang memancing ikan di pinggir sungai serayu tersebut. Sungai serayu merupakan salah satu sungai yang sering dijadikan sebagai tempat mancing.

Contoh  Teks Deskriptif  3

Pantai Sari Dewi 

Pantai Sari Dewi ialah pantai yang gres dibuka sebagai tempat wisata umum di tempat Bandar Karang. Pantai ini terletak di wilayah Kota Indah dan menghadap pribadi ke arah Samudera Hindia. Seperti pantai-pantai tropis pada umumnya, pantai Sari Dewi mempunyai pasir yang berwarna putih dan bebatuan karang yang tersebar di tempat pinggiran pantai. Selain menyajikan keindahan pantainya, Sari Dewi juga mempunyai spot diving, dan olahraga air menyerupai banana boat, dan speed boat, dan lain-lain. Pantai ini mempunyai penginapan-penginapan yang pribadi menghadap lautan yang sanggup disewa oleh para pengunjungnya.   


CANDI BOROBUDUR
 
Borobudur ialah candi Hindu-Budha. Candi ini dibangun pada kurun ke-19 oleh dinasti Sailendra yang berasal dari kerajaan Mataram kuno. Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah Indonesia.
 

Borobudur populer ke seluruh penjuru dunia. Konstruksinya menerima pengauh oleh arsitektur Gupta India. Candi ini dibangun di atas sebuah bukit setinggi 46 meter dan delapan tangga yang berbentuk undakan batu. Lima tangga yang pertama berbentuk kotak, dikelilingi oleh tembok yang penuh pahatan yang membentuk gambar Budha. Tiga tangga di atasnya berbentuk melingkar. Pada tiap tangga melingkar tersebut terdapat stupa berbentuk lonceng. Keseluruhan gedung ditutupi oleh stupa besar yang terletak di tengah-tengah bulat teratas. Jalan menuju puncak borobudur yang berbentuk gang terbentang sejauh 4,8 kilometer. Desain Borobudur yang menyimbolkan struktur alam semesta mensugesti gaya pembuatan candi Angkor di Kamboja.

Candi Borobudur yang diresmikan sebagai monumen nasional Indonesia pada tahun 1983 ialah harta tak ternilai bagi bangsa Indonesia.


Materi terkait : Teks Prosedur Kompleks (Materi Lengkap)

Demikian artikel perihal Teks / Paragraf Deskriptif (Deskripsi) mencakup Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh Teks Deskriptif. Bagaimana, kini sudah sanggup menciptakan teks deskriptif sendiri kan?
Buat lebih berguna, kongsi:
close