Teks Mekanisme Kompleks (Pengertian, Tujuan, Ciri, Contoh, Struktur)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel wacana materi Bahasa Indonesia : Teks Prosedur Kompleks mencakup Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur Kompleks. Silakan disimak selengkapnya.

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel wacana materi Bahasa Indonesia  Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Tujuan, Ciri, Contoh, Struktur)

1. Pengertian Teks Prosedur Kompleks 

Teks Prosedur Kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan/keterangan dalam langkah tersebut.

2. Tujuan Teks Prosedur Kompleks 

Tujuan penulisan Teks Prosedur Kompleks adalah untuk mengambarkan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

3. Ciri Teks Prosedur Kompleks

3.1. Ciri Umum Teks Prosedur Kompleks
  • Berisikan langkah-langkah
  • Disusun secara informatif
  • Dijelaskan secara mendetail
  • Bersifat objektif
  • Langkah berkelanjutan dengan penjelasan
  • Menggunakan syarat/pilihan
  • Bersifat universal
  • Bersifat konkret dan akurat
  • Bersifat logis
3.2. Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks
  • Terdapat kalimat imperatif : kalimat yang mengandung perintah
  • Terdapat kalimat deklaratif : kalimat yang berisi pernyataan
  • Terdapat kalimat introgatif : kalimat yang berisi pertanyaan
  • Terdapat bilangan urutan : angka yang memperlihatkan urutan
  • Partisipan insan secara umum : semua insan yang ikut serta dalam teks tersebut
  • Verbal material : Verba atau kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik
  • Verba tingkah laris : Verba yang mengacu pada perilaku yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan perilaku mental yang tampak)
  • Konjungsi Temporal : Konjungsi yang mengacu pada urutan waktu sekaligus menjadi sarana kohesi teks
  • Menggunakan kata baku
  • Menggunakan konjungsi syarat
4. Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks merupakan bab atau cara teks tersebut dibangun. Mungkin masih banyak yang belum tahu jikalau struktur teks mekanisme disusun oleh bab tujuan, bab material, dan diikuti oleh bab langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya sanggup lihat dibawah.
  1. Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks mekanisme tersebut atau hasil simpulan yang akan dicapai (dapat berupa judul).
  2. Bagian material, berisi informasi wacana alat atau materi yang dibutuhkan, namun tidak semua teks mekanisme terdapat bab ini (umumnya terdapat dalam resep masakan).
  3. Bagian langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak sanggup diubah urutannya.

5. Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks (1)

Cara Mencuci Pakaian dengan Benar

Mencuci pakaian ialah rutinitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Ini merupakan kegiatan yang gampang dan tampak sepele. Kendati demikian, ada banyak hal yang harus kita perhatikan biar pakaian yang dicuci menjadi benar-benar higienis dan tidak rusak akhir kesalahan-kesalahan tertentu. Berikut ini, saya akan memperlihatkan langkah-langkah wacana bagaimana cara mencuci pakaian memakai mesin basuh dengan benar.

1. Taruh pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci

Mesin cuci, secara umum memiliki dua sisi. Sisi sebelah kiri merupakan bab yang lebih besar dan digunakan untuk mencuci pakaian Anda. Sementara itu, sisi kanan yang memiliki lubang lebih kecil digunakan untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci.

Pertama, tentu Anda harus mencuci terlebih dahulu. Masukkan pakaian-pakaian ke dalam sisi sebelah kiri. Pastikan tidak ada satupun pakaian yang luntur alasannya ialah warnanya sanggup bercampur antara satu dengan yang lainnya. Kemudian, Anda juga harus memisahkan pakaian yang gampang melar. pakaian-pakaian yang gampang melar menyerupai sweater akan jelek kesudahannya apabila dicuci memakai mesin. Cara mencuci menyerupai itu akan menghasilkan pakaian yang benar-benar melar dan sudah barang tentu tak indah lagi dipandang serta tak nyaman dipakai.

2. Isi air secukupnya

Beri air secukupnya pada sisi kiri dimana Anda telah memasukkan pakaian tadi. Air secukupnya yang dimaksud ialah air tersebut telah menenggelamkan seluruh pakaian. Setelah air dirasa cukup, beri detergen secukupnya dan putar tombol ke arah waktu 10 menit. Nantinya turbin yang ada di dalam mesin basuh akan bergerak memutar dan menggerakkan pakaian Anda. 

10 menit kemudian, buang air cucian tersebut dengan memutar tombol ke arah "drain". Setelah pembuangan air selesai, Anda harus memutar tombol tersebut ke arah semula dan isi kembali air sesuai dengan dosis awal tadi. Putar tombol ke arah 10 menit dan biarkan. Ulangi proses tersebut selama 3 kali dengan tujuan biar pakaian Anda higienis dan bebas dari bubuk atau kotoran yang menempel.

3. Keringkan pakaian

Buka epilog sisi bab kanan dan ambil pakaian. Masukkan pakaian ke sisi kanan, tutup rapat, dan putar tombol yang ada di bab atas pengering. Putar hingga ke angka 5, yang berarti prosesnya akan berjalan selama 5 menit. Lakukan proses ini satu kali saja, kemudian jemur pakaian yang telah dikeringkan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks (2)

Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Komputer ialah salah satu produk yang paling berkhasiat di kurun ini. Adanya komputer menciptakan banyak pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Menulis menjadi lebih rapi, menyelidiki pekerjaan menjadi lebih cepat, dan berkomunikasi semakin mudah. Di dalam dunia komputerisasi, ada satu hal yang harus kita perhatikan, yaitu perawatan komputer. Komputer yang dirawat dengan baik akan menghasilkan daya guna dalam periode yang lebih lama, sebaliknya, komputer akan cepat rusak apabila tidak kita perhatikan secara detail perawatannya. 

Perawatan komputer mencakup banyak bagian, dan salah satu bab yang tampak sepele namun harus kita perhatikan dengan baik ialah wacana mematikan komputer. Perlu Anda ketahui, bahwa kita dihentikan mematikan komputer hanya dengan menekan tombol power. Aktivitas tersebut apabila dilakukan secara berulang-ulang akan merusak komponen-komponen komputer itu sendiri. Bagaimana cara mematikan komputer dengan benar? Ikuti klarifikasi rinci berikut ini.

1. Pastikan semua aplikasi telah ditutup

Salah satu kesalahan pengguna komputer dalam mematikan komputer ialah membiarkan semua aktivitas dan dokumen masih berjalan. Akibatnya, ada beberapa dokumen yang lupa untuk disimpan dan hilang begitu saja. Pastikan Anda mematikan atau menutup dan menyimpan semua pekerjaan Anda. Tutup semua aplikasi menyerupai microsoft word dan microsoft excel sebelum Anda mematikan komputer. 

2. Arahkan kursor ke bab kanan dan cari tombol setting

Pada windows 8, Anda diharuskan untuk mengarahkan kursor ke bab kanan. Nantinya akan muncul banyak tombol. Pilih tombol setting dan sesudah Anda melaksanakan klik, maka akan muncul tombol power. Klik tombol tersebut, maka terdapat 3 pilihan yang muncul. Pilihan pertama ialah sleep, dimana Anda hanya menciptakan komputer menyerupai insan tidur yang kapan saja sanggup dibangunkan atau dihidupkan kembali. Pilihan kedua ialah tombol restart yang gunanya untuk mematikan dan kemudian menghidupkan kembali komputer Anda. Pilihan ketiga ialah shut down yang berkhasiat untuk mematikan komputer secara total.
Untuk mematikan komputer secara total, pilih tombol shut down dan beberapa detik kemudian komputer sudah Anda matikan dengan benar.

Cara Menyambungkan Komputer dengan Internet Menggunakan Modem Eksternal 

Dewasa ini, internet merupakan media paling revolusioner. Banyak pengembangan-pengembangan pada internet, salah satunya ialah perkembangan jalan masuk internet memakai modem eksternal. Bagaimana cara menyambungkan internet memakai Modem ? 

Berikut langkah-langkahnya :

Pertama, siapkan satu unit computer dan modem eksternal usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa. Pastikan juga terdapat port yang sanggup digunakan untuk menyambungkan modem dan pastikan pula, computer menyala. Jika modem dan computer siap, colokkan modem pada port. Lalu computer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan modem. 

Selanjutnya, bila modem sudah terdeteksi maka aktivitas modem akan muncul dan kita bias pribadi menyambungkan computer ke internet. Namun, bila aktivitas modem belum terinstal maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Bukalah modem, kemudian klik setup installer modem (program untuk menginstal modem). Selanjutnya, tunggu hingga proses pemasangan selesai dan aktivitas modem siap digunakan. 

Lalu, bukalah aktivitas modem dan klik “connect” untuk memulai proses penyambungan. Setelah proses penyambungan berhasil maka internet siap digunakan. 

Demikian artikel wacana materi Bahasa Indonesia : Teks Prosedur Kompleks mencakup Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur Kompleks. Semoga bermanfaat...
Buat lebih berguna, kongsi:
close