Pengertian, Fungsi, Tujuan, Kiprah Pokok, Ruang Lingkup Dan Prinsip Administrasi Keuangan Lengkap

Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Ruang Lingkup dan Prinsip Manajemen Keuangan Lengkap - Manajemen Keuangan ialah kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengolahan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki organisasi atau perusahaaan.

 Ruang Lingkup dan Prinsip Manajemen Keuangan Lengkap Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Ruang Lingkup dan Prinsip Manajemen Keuangan Lengkap
Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli
Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto, Manajemen Keuangan ialah suatu keseluruhan kegiatan perusahaan yang berafiliasi dengan suatu perjuangan untuk mendapat dana yang dibutuhkan dengan biaya yang minimal dan syarat yang paling menguntungkan beserta perjuangan untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

J. L. Massie
Menurut J. L. Massie, Manajemen Keuangan ialah kegiatan operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapat dan menggunakan dana yang dibutuhkan untuk suatu operasi yang efektif dan efisien.

Grestenberg
Menurut Grestenberg, Manajemen Keuangan ialah bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk memperoleh dana , cara mereka memperoleh dana , cara bagaimana penggunaan mereka dan bagaimana bisnis di didistribusikan.

Sonny, S. (2003)

Menurut Sonny, S., Manajemen Keuangan ialah kegiatan perusahaan yang berafiliasi dengan bagaimana untuk mendapat dana, menggunakan dana, dan untuk mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

Agus Sartono (2001:6)
Menurut Agus Sartono, Manajemen Keuangan ialah administrasi dana baik yang berkaitan dengan suatu pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun suatu perjuangan pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau untuk pembelanjaan secara efisien.

JF Bradley
Menurut JF Bradley, Manajemen Keuangan ialah bidang administrasi bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana & seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

Brigham & Houston
Menurut Brigham & Houston, Manajemen Keuangan ialah bidang yang terluas dari tiga bidang keuangan, dan mempunyai kesempatan karir yang sangat luas.

Sutrisno (2003:3)
Menurut Sutrisno, Manajemen Keuangan ialah semua kegiatan perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta perjuangan untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

Weston dan Copeland
Menurut Weston dan Copeland, Manajemen Keuangan ialah suatu fungsi dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi pokok administrasi keuangan yaitu menyangkut keputusan perihal penanaman modal, pembiayaan kegiatan perjuangan dan pembagian deviden pada suatu perusahaan.

James Van Horne
Menurut James Van Horne, Manajemen Keuangan ialah segala kegiatan yang berafiliasi dengan perolehan, pendanaan serta untuk pengolahan aktiva dengan tujuan semua aktivitas.

Fungsi Manajemen Keuangan

Adapun fungsi Manajemen Keuangan, diantaranya:
  • Planning atau Perencanaan Keuangan,  fungsi ini meliputi perihal Perencanaan Arus Kas dan Rugi Laba.
  • Budgeting atau Anggaran, fungsi ini meliputi perencanaan penerimaan dan pengalokasian anggaran biaya secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.
  • Controlling atau Pengendalian Keuangan, fungsi administrasi ini yaitu melaksanakan penilaian serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan.
  • Auditing atau Pemeriksaan Keuangan, fungsi administrasi keuangan untuk melaksanakan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada biar sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.
  • Reporting atau Pelaporan Keuangan, fungsi administrasi untuk menyediakan laporan gosip perihal kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan administrasi keuangan ialah untuk mengalokasikan dana perusahaan guna memaksimalkan nilai perusahaan, dengan begitu jikalau suatu saaat perusahaan dijual maka harganya sanggup ditetapkan setinggi mungkin.

Tugas Pokok Manajemen Keuangan

Adapun kiprah pokok dari manajer keuangan yaitu:
  • Mendapatkan dana perusahaan
  • Manggunakan dana perusahaan
  • Membagi keuangan atau keuntungan perusahaan

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
Adapun ruang lingkup administrasi keungan yaitu:

Keputusan Pendanaan, hal ini meliputi kebijakan administrasi dalam pencarian dana perusahaan menyerupai kebijakan menerbitkan obligasi, kebijakan hutang jangka pendek san jangka panjang perusahaan yang bersumber pada internal maupun eksternal perusahaan.

Keputusan Investasi, kebijakan penanaman modal pada aktiva tetap atau fixed Assets menyerupai gedung, tanah, serta peralatan maupun aktiva finansial berupa surat berharga menyerupai saham dan obligasi atau kegiatan menginvestasikan dana ke banyak sekali aktiva.

Keputusan pengolahan Aset, kebijakan pengolahan aset yang dimiliki secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.

Prinsip Manajemen Keuangan
Adapun prinsip administrasi keuangan, diantaranya:

Consistency (Konsistensi)
Consistency atau konsistensi ialah suatu prinsip dimana sebuah sistem dan kebijakan keuangan perusahaan sesuai dengan apa yang direncanakan, tidak berubah di setiap periode, namun yang harus ditekankan bahwa sebuah sistem keuangan bukan berarti tidak sanggup dilakukan penyesuaian saar ada perubahan signifikan dalam perusahaan. Pendekatan keuangan yang tidak konsisten menjadi tanda bahwa terdapat manipulasi pada pengelolaan keuangan perusahaan.

Accountability (Akuntabilitas)
Accountability atauakuntabilitas ialah suatu kewajiban aturan dan moral, yang mana menempel pada setiap individu, kelompok ataupun perusahaan dalam memperlihatkan klarifikasi bagaimana dana ataupun kewenangan yang sudah diberikan pihak ketiga dipergunakan. Setiap pihak harus memperlihatkan klarifikasi dalam mengenai penggunaan sumber daya dan apa yang sudah dicapai bentuk pertanggung balasan pada yang berkepentingan, biar semua tahu bagaimana kewenangan dan dana yang dimiliki tersebut dipergunakan.

Transparancy (Transparansi)
Transparancy atau transparanasi ialah suatu prinsip dimana setiap dalam kegiatan administrasi harus terbuka baik dalam memperlihatkan gosip perihal planning dan segala kegiatan bagi yang berkepentingan, termasuk laporan keuangan yang wajar, lengkap, sempurna waktu dan akurat yang sanggup diakses dengan gampang oleh yang berkepentingan, jikalau tidak transparan maka akan berdampak penyelewengan dalam kegiatan perusahaan.

Viability (Kelangsungan Hidup)

Viability atau kelangsungan hidup ialah prinsip dimana menekankan pada kesehatan keuangan perusahaan terjaga, semua pengeluaran operasional ataupun didalam tingkat yang taktik harus diadaptasi dengan dana yang ada, kelangsungan hidup entitas ialah ukuran tingkat keamanan serta dalam keberlanjutan keuangan perusahaan. Dalam Manajemen keuangan harus menyusun planning keuangan yang dimana memperlihatkan bagaimana perusahaan sanggup menjalankan planning strategisnya guna untuk memenuhi kebutuhan keuangan.

Integrity (Integritas)

Integrity atau integritas ialah prinsip dimana setiap individu wajib mempunyai tingkat integritas yang memumpuni dalam menjalankan kegiatan operasional. Tidak hanya itu, dalam pencatatan dan laporan keuangan harus terjaga integritasnya dengan kelengkapan dan tingkat keakuratan dalam suatu pencatatan keuangan.

Stewardship (Pengelolaan)
Stewardship atau pengolaan ialah prinsip yang dimana sanggup mengelola dengan baik dana yang telah didapatkan dan dalam memperlihatkan jaminan akan dana yang diperoleh tersebut untuk direalisasikan tujuan yang telah ditetapkan, didalam prateknya dilakukan dengan hati-hati dengan menciptakan sebuah perencanaan strategis, mengidentifikasi risiko keuangan yang ada serta untuk menyusun dan menciptakan sistem pengendalian keuangan yang sesuai.

Accounting Standards (Standar Akuntansi)
Accounting Standards atau standar akuntansi ialah sebuah sistem akuntansi keuangan yang harus sesuai dengan prinsip dan standar aturan akuntansi yang telah berlaku dengan bertujuan laporan keuangan yang dihasilkan sanggup dengan gampang dipahami dan dimengerti dari semua pihak yang berkepentingan.

Demikianlah klarifikasi artikel perihal Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Ruang Lingkup dan Prinsip Manajemen Keuangan Lengkap. Semoga sanggup bermanfaat.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini: