7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Jenis-Jenis Akar Klarifikasi Lengkap

Setiap tumbuhan sejati harus mempunyai 3 organ utama pada tubuhnya, yaitu akar, batang, dan daun. Ketiga organ ini ialah organ paling vital kiprahnya untuk kelangsungan metabolisme tanaman. Organ mempunyai fungsi masing-masing. Pada artikel ini, kita akan membahas fungsi salah satu organ ini. Kita akan membahas fungsi akar tanaman.

Fungsi Akar pada Tumbuhan
Ada banyak fungsi akar pada tanaman. Akar ini berfungsi sebagai pendukung pertumbuhan tanaman, sebagai organ nutrisi air dan tanah, penyimpanan makanan, fotosintesis, respirasi, gerakan, dan reproduksi (pembiakan).

Fungsi Akar pada Tanaman

 Ketiga organ ini ialah organ paling vital kiprahnya untuk kelangsungan metabolisme tanama 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Jenis-Jenis Akar Penjelasan Lengkap

1. Pertumbuhan Fungsi Pertumbuhan Tanaman
Fungsi akar yang paling penting ialah sebagai organ penunjang tumbuh tanaman. Akar tumbuh melalui tanah, meluas, kemudian mengaitkan tanah dan menciptakan tumbuhan besar lengan berkuasa menahan angin. Semakin tumbuh memanjang dan membesar, kemampuan akar dalam menunjang tumbuhan akan semakin kuat.

2. Fungsi perembesan air dan nutrisi
Fungsi akar untuk tumbuhan berikutnya ialah sebagai organ penyerap nutrisi air dan tanah. Fungsi akar ini ditinjau terutama oleh akar rambut. Rambut akar bisa menyerap nutrisi organik dan anorganik dalam larutan dengan gradien konsentrasi tertentu. Keberadaan air tanah sangat mendukung kemampuan dan fungsi akar ini. Di tanah dengan kondisi layu permanen, fungsi akar dalam menyerap nutrisi tanah akan terhambat secara otomatis.

3. Fungsi Penyimpanan Cadangan Makanan
Akar juga bisa berfungsi sebagai cadangan penyimpanan karbohidrat dan air. Beberapa akar tumbuhan mempunyai kemampuan menyimpan cadangan kuliner menyerupai akar wortel, ubi jalar, dan ubi jalar. Akarnya bisa menyimpan sejumlah besar air menyerupai akar tumbuhan gurun (higrofit). Akar tumbuhan hygiophytic bahkan bisa menyimpan lebih dari 70 kg air dalam jaringan.

4. Fungsi fotosintesis
Fotosintesis tidak hanya bisa dilakukan pada daun. Beberapa akar tumbuhan yang mengandung klorofil juga diketahui melaksanakan acara metabolik ini. Tanaman menyerupai anggrek epifit dan akar mangrove mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat. Kemampuan tumbuhan ini juga merupakan salah satu fungsi akar pada tumbuhan yang tidak bisa dilupakan.

5. Fungsi Pernapasan
Akar juga bisa berfungsi sebagai alat pernafasan bagi tanaman. Fungsi akar yang satu ini bisa ditemukan di akar tumbuhan beringin, akar tumbuhan mangrove, dan akar beberapa tumbuhan lainnya yang habitatnya dibanjiri (hidrofit). Fungsi akar yang dimodifikasi sebagai alat pernafasan disebut pneumatophores. Struktur sel dan jaringan akar ini memungkinkan terjadinya difusi udara.

6. Fungsi Gerakan Tanaman
Akar juga bisa membantu pergerakan tanaman. Melalui prosedur gerakan tropis menyerupai geotropisme, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme, akar membantu tumbuhan untuk menemukan air dan nutrisi di dalam tanah. Fungsi akar tumbuhan ini untuk menunjang metabolisme tumbuhan untuk melaksanakan proses fotosintesis.

7. Fungsi Reproduksi
Pada beberapa tanaman, akar juga berfungsi sebagai organ reproduksi. Melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizoma, tumbuhan berkembang biak sendiri, menduplikat, dan berkembang biak. Pada tumbuhan dengan akar keriput menyerupai ubi jalar dan bengkoang, kemampuan dan fungsi akar ini juga dimiliki.

Jenis Jenis Akar
Akar di setiap tumbuhan biasanya berbeda dan mempunyai jenisnya sendiri. Jenis akar adalah:

Akar serat

Akar ini umumnya terdapat pada monokotil, meskipun kadang kala hadir dalam tumbuhan dicoty yang biasa ditemukan pada stek atau cangkokan. Jenis akar ini mempunyai banyak akar kecil dan sangat ramping dengan ukuran yang sama dan biasanya bentuk akar ini menyerupai benang.

Akar tunggang

Akar spesies ini umumnya ditemukan di tumbuhan dikotil. Seperti wortel dan umbi. Akar ini mempunyai akar yang besar dengan beberapa cabang & ranting.

Jenis akar akar adventif lainnya meliputi:

Akar Gantung 

Jenis akar ini tumbuh dari atas batang dan tumbuh ke tanah. Makara akarnya terlihat menggantung di udara. Fungsi dari akar gantung ini ialah untuk menyerap uap air & gas dari udara. Namun, bila akar tumbuh ke tanah, akar masuk ke tanah dan berfungsi menyerap air dan garam mineral. Contoh tumbuhan akar gantung ini ialah pohon beringin.

Akar nafas

Yakni akar yang tumbuh keluar dari bab bawah batang. Akar jenis ini sebagian ada di permukaan tanah dan beberapa di antaranya ada di dalam tanah. Akar ini terlihat mendukung batang tegak dan kokoh. Ini mempunyai banyak ruang dan celah sebagai kawasan masuk udara. Makara fungsi dari akar jenis ini ialah bernafas atau respirasi. Contoh tumbuhan ini menyerupai pandan & mangrove.

Akar Perekat

Jenis akar ini tumbuh di sepanjang batang tanaman. Fungsinya untuk menempelkan batang ke dinding atau ke tumbuhan lainnya. Contoh tumbuhan sirih.

Nah, begitulah beberapa fungsi akar tumbuhan dan penjelasannya. Untuk menambahkan wawasan yang terkait dengan organ yang satu ini, silakan kunjungi artikel kami yang terkait dengan diskusi akar pada tautan berikut.

Sumber https://www.isplbwiki.net
Buat lebih berguna, kongsi:
close